Selasa, 22 Januari 2019

CARA KONSUMSI SUSU KAMBING

Cara sehat mengonsumsi susu kambing
Mengingat kandungan lemaknya yang tinggi, berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan agar konsumsi susu kambing bisa lebih sehat:

1. Membatasi porsi saat minum susu kambing
Kandungan lemaknya yang tinggi membuat porsi konsumsi susu kambing, utamanya dalam bentuk segar, sebaiknya Anda batasi.

Caranya adalah dengan mengonsumsi maksimal 2 porsi, setara dengan 180-200 ml, susu kambing dan perhitungkan sebagai salah satu bahan makanan yang telah memenuhi kebutuhan protein hewani harian Anda.

Meskipun susu kambing telah terbukti memiliki banyak khasiat, namun mengonsumsinya berlebihan bisa jadi membuat asupan lemak tubuh dalam sehari berlebihan, apalagi jika konsumsi makanan berlemak lainnya dalam satu hari tidak dibatasi porsinya.

2. Memilih susu kambing bubuk yang rendah lemak
Memilihi susu kambing dalam bentuk bubuk, bisa menjadi alternatif agar asupan lemak dari susu kambing tidak berlebihan.

Anda bisa memilih susu kambing bubuk yang rendah lemak. Hal ini tentu sangat efektif menekan asupan lemak yang tinggi pada susu kambing, namun tetap bisa merasakan manfaat kandungan gizi yang maksimal pada susu kambing.

3. Mengonsumsi susu kambing sebagai tambahan atau campuran makanan lain
Selain membatasi porsi, Anda bisa menggunakan susu kambing segar hanya sebagai campuran minuman atau makanan, misalnya jus, smoothie, teh, kopi, atau bahan tambahan kue kering.

Hal ini juga bisa memberikan manfaat yang maksimal namun dengan porsi dan takaran lemak yang lebih terkontrol.

4. Tidak mengonsumsi susu kambing dengan makanan berlemak
Susu kambing kerap dijadikan minuman setelah makan utama maupun minuman di sela waktu makan atau saat camilan.

Hindari mengonsumsi susu kambing bersamaan dengan makanan atau camilan berlemak, misalnya lauk yang digoreng atau camilan yang digoreng, hal ini akan menyebabkan kemungkinan peningkatan asupan lemak menjadi lebih besar, karena susu kambing juga sudah memiliki kandungan lemak yang tinggi.